Kelas Inspirasi Binjai Raya 2

Lokasi lahir boleh dimana saja, tapi lokasi mimpi harus di langit

-Anies Baswedan

Pernah dengar tentang Kelas Inspirasi? Bagi yg sudah pernah dengar bahkan pernah turut serta, bersyukurlah sebab telah menjadi salah satu dari jutaan penduduk Indonesia yg peduli dengan kehidupan generasi penerus bangsa ini. Bagi yg sama sekali asing dengan Kelas Inspirasi, yuuk saja ajak sekilas mengenal apa itu Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi adalah suatu kegiatan yg diinisiasi oleh para pengajar muda Indonesia Mengajar dimana kegiatan ini mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional dari berbagai latar belakang profesi diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD yaitu pada Hari Inspirasi.

Mengajar sehari yg dilakukan para profesional bukanlah mengajarkan materi seperti yg biasa diterima siswa setiap harinya, melainkan berbagi pengalaman kerja, memberikan motivasi dan membuka kotak-kotak mimpi baru bagi para siswa nantinya untuk meraih cita. Dan mengajarkan siswa untuk mengenali berbagai macam profesi yg mungkin sangat asing bahkan tak pernah didengar oleh mereka.

Nah, tepat tanggal 6 Februari lalu saya mengikuti kegiatan Hari Inspirasi di kota Binjai. Maafkan kesibukan saya yg nyaris membuat tulisan ini gagal tayang dibulan Februari, telat 20 hari gak masalah donk ya πŸ˜€ Ini merupakan Hari Inspirasi yg diadakan kedua kalinya di kota Binjai dan baru kali ini saya berkesempatan mengikuti kegiatan yg membuat saya takjub dan terkesima akan harapan dan janji-janji masa depan. Persiapan menjelang Hari Inspirasi sudah pernah saya ceritakan dipostingan saya sebelumnya, jadi gak adil rasanya jika hari besar tersebut tak turut serta tampil dalam catatan acakadut blog saya. Jadi apa saja cerita dihari inspirasi?

Diawali dengan briefing satu hari menjelang Hari Inspirasi, saya yg tergabung dalam kelompok 1 mendapatkan lokasi sekolah di SDN 028226. Kami membahas hal-hal teknis menyangkut Hari Inspirasi esoknya. Ada beberapa kendala yg kami hadapi, salah satunya adalah kurangnya jumlah inspirator yg tergabung sehingga menyebabkan fasilitator akan turut serta masuk ke kelas saat Hari Inspirasi. Minimnya jumlah inspirator tak menyurutkan niat kami untuk tetap menyukseskan Hari Inspirasi. 

Pagi hari saat tiba disekolah dengan semangat dan wajah berseri saya menyapa setiap siswa yg saya temui, dan pagi itu lagi-lagi kami harus bersinggungan dengan masalah yg tak terduga, salah satu inspirator membatalkan keikutsertaannya dan salah satu rekan kami fasilitator mengalami kecelakaan saat perjalanan menuju sekolah. Kacau? Alhamdulillah Allah Maha Baik, segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Jumlah 6 kelas yg ada dibagi dengan 3 inspirator, 2 fasilitator dan 2 dokumentator yg secara bergantian selama 30 menit memberikan berbagai hal baru bagi siswa-siswa yg kami harapkan tetap membekas dan menjadi pacuan untuk terus menjadi lebih baik lagi.

Inspirator kelompok kami berasal dari 3 profesi yg berbeda, Pak Lukman adalah seorang pengacara yg saat Hari Inspirasi mengenakan jubah hitam yg menjadi ciri khas seorang pengacara. Kak Devi berprofesi sebagai staf finance disalah satu BUMN yg berkaitan dengan gas dan minyak bumi (tau donk ya perusahaan apa ini :D). Bg Irfan, seorang public relation diperusahaan telekomunikasi di Indonesia. 3 Profesional yg mengikhlaskan 1 harinya terpakai untuk menghidupkan kembali mimpi-mimpi yg padam, menyulut kembali semangat yg mungkin hilang serta menumbuhkan kembali asa yg bisa saja tak pernah sempat terlontarkan. Bagi Kak Devi kegiatan ini merupakan keikutsertaannya untuk kedua kalinya, seperti menimbulkan efek ketagihan, menebar kebaikan. Padahal Kak Devi harus kembali ke Kuala Simpang saat Hari Inspirasi berakhir, sebab Kak Devi berdinas disana. Bang Irfan, penggiat Kelas Inspirasi Binjai Raya, yg kami minta kesediaannya menjadi Inspirator, salah satu anak muda dengan tingkat kepedulian terbaik yg dimiliki kota Binjai. Pak Lukman, inspirator paling dewasa dikelompok kami πŸ˜€ kegiatan ini kembali mengingatkan beliau saat ia masih berseragam putih merah 50 tahun lalu.

Selain para inspirator, di Hari Inspirasi juga melibatkan relawan dokumentator. Ada 1 orang dokumentator photography dan 1 orang dokumentator video dikelompok kami. Bg Visal dan Kak Ika. Tanpa keterlibatan mereka maka tak akan ada penangkap momen-momen indah tak terlupa. Bg Visal (yg kemudian saya ketahui ternyata teman satu sekolah sepupu saya), dengan bidikan lensanya menangkap berbagai macam mimik, ekspresi, keceriaan serta kepolosan siswa dan semua yg terlibat dihari itu. Kak Ika, yg dengan gesit dan lincahnya merekam peristiwa-peristiwa indah yg kemudian diedit menjadi video memukau, saya entah sudah berapa kali memutar ulang video Hari Inspirasi kelompok kami.

Fasilitator juga memegang peranan yg penting pada Hari Inspirasi. Para fasil yg jauh hari, beberapa bulan sebelumnya menyiapkan berbagai macam keperluan pada Hari Inspirasi. Uci, yg baru saya kenal saat kegiatan ini, dengan semangatnya yg tinggi sering memberikan ide-ide serta menulis rapi segala persiapan. Kak Dinot, mengalami kecelakaan diHari Inspirasi menyebabkan ia tak bisa ikut serta pada hari besar itu, tapi tetap mendoakan dan mengkhawatirkan kelancaran kegiatan tersebut. Sony, yg katanya canggung harus masuk ke kelas dan lebih memilih menjadi time keeper, mengingatkan saya dan teman yg lain untuk bertukar kelas setiap waktu 30 menit telah usai.

Hari Inspirasi telah jauh berakhir, 20 hari yg lalu, tapi berbagai macam ekspresi, segala kesibukan persiapan, wajah-wajah antusias anak-anak dan keramahan dari pihak sekolah tak akan pernah terhapus dari memori saya. Mereka mempunyai porsi sendiri diingatan saya. Sekolah yg kami kunjungi, tempat kami menebar mimpi, memberikan sambutan luar biasa, Ibu Julita selaku kepala sekolah memberikan antusiasme dan dukungan yg sangat tinggi. Kami disuguhi dengan pertunjukan bakat dari anak didiknya dan makan siang setelah acara. Ah, salah satu prinsip dasar kelas inspirasi poin ke 6, menjalin silaturahim. Bukankah menambah kenalan, menciptakan hubungan baru juga salah satu nikmat yg wajib disyukuri?

Jadi bagi teman blogger yg juga tertarik mengikuti Hari Inspirasi, silahkan cek disini, silahkan lihat daftar kota/kabupaten yg sudah atau akan mengadakan Hari Inspirasi. Satu hari berbagi, selamanya menginspirasi 

PS: Kelas Inspirasi Binjai Raya 2 yg dilaksanakan tanggal 6 Februari lalu diadakan di 7 sekolah dasar di Kota Binjai.

PPS: untuk teman blogger yg berdomisili di Medan, KI 3 Medan akan dilaksanakan segera, yg berminat menjadi insipirator dan dokumentator silahkan cek disini

PPPS: jika berminat silahkan view video kelompok kami disini

Gak ingat apa yg dibahas sampe suruh siswa angkat tangan πŸ˜‚
Kak Devi
Pak Lukman
Bg Irfan
Uci
Kak Dinot yg berkunjung ke sekolah seminggu setelah Hari Inspirasi
Pohon cita-cita
Kelompok 1
Seluruh Inspirator, Fasilitator dan Dokumentator kelompok 1
Kelas Inspirasi Binjai Raya 2
Advertisements

11 Comments Add yours

  1. Bang Ical says:

    Salam dari Kelas Inspirasi Lombok Kak πŸ˜‰

    *oya, blog ini uda aktif, tapi ganti adress, jadi bangicalmu.wordpress.com πŸ™‚

    1. siperibiru says:

      Hi bg Ical, aku udh yakin lhoo klo bg Ical pasti ikutan kelas inspirasi juga πŸ˜„

      Asiiik bg Ical akhirnya aktif nulis lagi, welcome back bg πŸŽ‰

      1. Bang Ical says:

        Belum Kak, tapi saya doyan kumpul sama aktivis-aktivisnya 😊😊😊

      2. siperibiru says:

        Haiyuuuk bg Ical ikutan gabung dikelas inspirasi Lombok biar ikut merasakan serunya Hari Inspirasi 😊

      3. Bang Ical says:

        Iya ini Kak, masih berkutat di perpustakaan 😊

      4. siperibiru says:

        Sukses bg Ical utk KCB nyaa πŸ˜„

  2. suciwidari says:

    Mantaplah kalii ah ka.. 😍

    1. siperibiru says:

      Uuuh makasi mba Uci 😘😘

  3. Ata says:

    Aaaaa senangnya Mba bisa menebar kebaikan. πŸ™‚ aku tahun lalu pengin ikut KI yang di Bengkulu, kebetulan ada di Pulau Engganonya tapi ga bisa izin plus belom ada jatah cuti. Jadi terpaksa gagal. Tahun ini juga huhu. Pendaftarannya udah ditutup. Semoga bisa ikut di kesempatan lain.

    1. siperibiru says:

      Semoga bisa ikut dilain kesempatan yaa Ata, ikut Kelas Inspirasi itu buat nagih terlebih ketika siswa yg sekolahnya kita kunjungi menunjukkan antusiasme yg tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s