A Day to Remember

Pagi yg cerah untuk akhir pekan yg indah. Saya bergegas menyelesaikan pekerjaan rumah untuk segera bertemu dengan wajah-wajah baru yg kehebohannya selalu saya baca digrup Line kami. Saya termasuk orang yg cukup susah berinteraksi dengan teman baru, lingkungan dan kondisi baru dan cenderung pendiam tak banyak kata, tapi hari ini saya mendapatkan banyak pengalaman menarik yg sayang jika tak diuraikan.

            Tiba pukul 10 pagi lebih sedikit 😀 saya melangkahkan kaki menuju tempat yg sudah dijadwalkan. Kikuk, ya satu kata yg langsung menyergap seketika saat beberapa pasang mata menatap kehadiran saya yg tak pernah mereka kenali. Menyapa dan tersenyum adalah senjata awal saya disetiap awal pertemuan. Saya yg pendiam ini hanya memperhatikan sekitar dan sesekali mengecek handphone. Mungkin teman-teman readers bertanya, sebenarnya saya berada dimana sih? Saya berada dipembekalan fasilitator untuk kegiatan KELAS INSPIRASI BINJAI RAYA 2

            Kegiatan pertama diawali dengan penjelasan 7 Prinsip Dasar Kelas Inspirasi yg dijelaskan oleh Bang Irfan. He delivered a brief and clear explanation. Selanjutnya Fasil yg ada dibagi dalam kelompok untuk mencocokkan berbagai macam pernyataan dengan 7 Prinsip Dasar. Ada beberapa pernyataan yg lumayan menjebak dan kelompok saya membuat beberapa kesalahan itu 😀 Usai penjelasan dijeda sejenak dengan makan siang gratis dan sholat Dzuhur. Kemudian materi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai “Fungsi Fasilitator” dan “Fasilitator Ideal”.

1485093649926
Kelompok I

1485093929023
Kelompok III
1485093900945
Bg Irfan menjelaskan 7 Prinsip Dasar KI

          Dan keseruan hari ini belum berakhir sebab Kak Anim yg dijadwalkan memandu kegiatan selanjutnya menawarkan kehebohan yg luar biasa. Setiap dari peserta dibagikan selembar kertas dan menuliskan nama masing-masing dipojok kanan atas. Selanjutnya kami diajak untuk bergerak dan berinteraksi dengan melemparkan berbagai macam pertanyaan kepada peserta lain dalam kurun waktu 2 menit perorang. Semua peserta berbaur, menciptakan keributan yg menyenangkan. Keseruan siang ini berlanjut saat Kak Anim memberikan instruksi untuk menempelkan kertas sebelumnya dipunggung masing-masing peserta dan berkeliling untuk menuliskan pendapat kita mengenai peserta tersebut. Seru, heboh, meriah!!! Jadi pelajaran apa yg didapat dari kegiatan tersebut? Ternyata banyak dari kami yg mengabaikan etika awal saat bertanya pada informan dengan anggapan informan tersebut adalah teman sendiri, serta banyak juga dari kami yg tak siap mendapatkan penilaian negative dari orang lain. Sesi terakhir yg membuat kami tertunduk serius adalah mengisi beberapa pertanyaan kepribadian yg hasil akhirnya bisa dijadikan acuan sederhana untuk menilai sebenarnya saya pribadi yg seperti apa.

1485093600531
Memberikan penilaian antar peserta
20170122_211531
what they said about me. ketika disuruh menyebutkan salah satu poin yg berkesan, saya menyebutkan “murah senyum” sebab saya menyadari bahwa saya termasuk orang yg sulit berinteraksi dengan lingkungan baru dan menawarkan senyuman adalah senjata saya 😀
1485093603893
berasa kayak lagi ujian, semua serius dengan kertas masing-masing
1485093607956
Jangan ribut bang, Adek lagi serius ni
20170122_211615
hasil tes kpribadian milik saya, saya memang pendiam dan malu diawal tapi saya juga senang memimpin dan pamer kedepan ahaha

            Banyak hal yg saya pelajari seharian ini, bertemu teman baru dan beberapa siswa saya yg memang anak muda kreatif Binjai, so WE ARE READY FOR “HARI INSPIRASI” #eh masih ada briefing dan bertemu dengan inspirator serta dokumentator dink *krik-krik

“Alone we can do so little, together we can do so much” -Helen Keller

9 Comments Add yours

  1. Hamam Abidin says:

    Bagus ya meterinya, saya pengen juga sebenernya mngembangin diri melalui acara2 seperti itu

    1. siperibiru says:

      Iya mas 😊 Mas nya domisili dmana? Sekarang lagi berkembang tu komunitas2 diberbagi daerah

  2. winnymarlina says:

    kak anak Binjai itu dari Sumut bukan?

    1. siperibiru says:

      Iyaa Mba Win, sekitar 60 menit perjalanan dari Medan

  3. nyonyasepatu says:

    Materinya ok ya untuk mengembangkan diri

    1. siperibiru says:

      Bener mba Non, buat kita jadi lebih merasa n mengenal diri lebih baik lagi

  4. Wow… I want to join that class… amazing
    ada kenalan di Batam yang punya gelaran acara yang sama ga mbak?

    #Btw, tema WP kita sama… hmmm bagus juga nih tema wordpress nya 😀

    1. siperibiru says:

      Silahkan cek d kelasinspirasi.org mas utk kelas inspirasi wilayah Batam 😊

      Aku baru ganti tema, kemarin bnyak yg komplen krna tema ku buat sakit mata sebab font nya kekecilan, tapi tampilan tema diblog ku belum asik Mas 😂

Leave a Reply

