5 Tujuan Wisata (Kuliner) di kota Binjai

image
Ikon kota Binjai "Tugu" penyambut pengunjung yg datang dari arah Aceh
image
Ikon baru kota Binjai yg berada di Km 17 dari arah Medan

Kedua foto diatas boleh pinjam dari akun instagram punyabinjai

Hi, Holaa, saya kembali lagi setelah sebulan lebih bersemedi tanpa menuliskan apapun bahkan tak berkunjung ke blog teman-teman, disebabkan hal-hal yg belum ingin saya tuliskan. Nah, yang rindu dengan saya mana suaranyaaa, perasaan dirindukan πŸ˜‚ ahahaha. Ok tanpa banyak celoteh lagi, dipostingan ini saya ingin menyarankan beberapa lokasi yg harus teman-teman kunjungi kalau datang ke kota rambutan alias kota Binjai πŸ˜€

Saya yang sudah 2 tahunan numpang mencari rezeki di kota ini masih aja bingung kalau ada teman yg berkunjung terus minta diantarkan ke lokasi-lokasi wisata di Kota Binjai, harus kemana? Untuk informasi awal, pasti teman-teman bakal berpikir Binjai itu dimana sih? Atau yg lebih gawatnya bakalan bertanya, memang ada ya kota bernama Binjai? Teman-teman yg berada diluar provinsi Sumatera Utara pasti akan sangat asing dengan nama kota yg satu ini, kalau ditanya kota apa yg terkenal di Sumut mungkin akan kompak berseru, Medan, atau Brastagi dan Parapat. Iya kota-kota tersebut memang ikon parawisata Sumut ya, meskipun masih banyak kota-kota indah lain di Sumut, seperti Sibolga dengan pantai-pantai pesisirnya yg indah, Siantar dengan kebun teh dan kebun binatangnya atau bahkan kabupaten terdekat dari Medan yaitu Serdang Bedagai dengan pantai-pantai unik yg disulap menjadi tempat rekreasi romantis, penarik wisatawan dalam provinsi. Jadi mari saya jelaskan secara ringkas tentang kota Binjai.

Binjai adalah salah satu kota (dahulu daerah tingkat II berstatus kotamadya) dalam wilayah provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Binjai terletak 22 km di sebelah barat ibukota provinsi Sumatera Utara, Medan. Sebelum berstatus kotamadya, Binjai adalah ibukota Kabupaten Langkat yang kemudian dipindahkan ke Stabat. Binjai berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat di sebelah barat dan utara serta Kabupaten Deli Serdang di sebelah timur dan selatan. Binjai merupakan salah satu daerah dalam proyek pembangunan Mebidang yang meliputi kawasan Medan, Binjai dan Deli Serdang. Saat ini, Binjai dan Medan dihubungkan oleh jalan raya Lintas Sumatera yang menghubungkan antara Medan dan Banda Aceh. Oleh karena ini, Binjai terletak di daerah strategis di mana merupakan pintu gerbang Kota Medan ditinjau dari provinsi Aceh. (Sumber Wikipedia)

Nah sekarang teman-teman udah bisa membayangkan donk kalau Binjai itu letaknya dimana πŸ˜€ Jadi kalau dibandingkan dengan kota-kota yg saya sebutkan diatas, Binjai akan berada diurutan sekian, sebab tak ada objek wisata alam yg disuguhkan di kota ini. Lantas kalau suatu hari tersesat di kota ini harus kemanakah kita? Tenang, akan saya rangkum 5 tujuan wisata (kuliner) di kota Binjai.

1. Kampung Kuliner

image
Beautiful, isn't it?
image
Dekorasi sederhana namun tetap mempesona 😍

Teman-teman yg datang dari Medan menuju Binjai menggunakan kereta api akan menemukan lokasi ini dengan mudah, terletak tak jauh dari stasiun kereta api, Kampung Kuliner sesuai dengan namanya menawarkan berbagai macam jajanan penghilang lapar tanpa perlu menguras dompet. Dengan nuansa kafe terbuka, teman-teman juga bisa mengadakan pesta ultah kecil dengan sahabat terdekat dengan dekorasi yg tak terlalu meriah sebab tempat ini sudah didesain untuk tempat nongkrong remaja Binjai. Dimalam hari, lampu-lampu sekitaran lokasi akan menambah syahdu suasana πŸ˜€ Pernah kenal dengan Arif Muhammad? Salah seorang Medanvidgram, sekarang lebih hits dengan videonya sebagai “Mak Beti”, yang kemarin mengadakan meet n greet di Kota Binjai. Kampung Kuliner dipilih sebagai tempat acara dan “Arabicarooftop” salah satu gerai makanan di Kampung Kuliner juga menjadi lokasi perayaan ultah pacarnya (sekedar gosip gak penting ehehe :D)

2. Masjid Agung

image
Foto dari instagram

Saat lapar telah hilang dan adzan berkumandang, teman-teman yg Muslim tak perlu bingung mencari masjid untuk menunaikan panggilan Sang Kholik. Berada “nyaris” didepan Kampung Kuliner, dibutuhkan jalan kaki sekitar 5-7 menit, teman-teman bisa beribadah di salah satu masjid tertua kota Binjai. Kenapa saya tak memilihkan Masjid Raya? Sebab lokasi Masjid Agung yg lebih mudah dijangkau dibandingkan Masjid Raya yg berada di pasar tradisional kota Binjai. Selepas sholat tapi masih merasa lapar? Tenang, disekitaran area parkir masjid ini akan teman-teman temui banyak penjaja makanan ringan, seperti penjual pecal, sate, rujak dan segala jajanan ringan lain. Di area parkiran ini teman-teman juga bisa temui penjual perlengkapan ibadah seperti tasbih, peci, minyak wangi dan bahkan buku-buku agama.

3. Binjai Supermall (BSM)

image

The one and only alias satu-satunya mall yg ada di kota Binjai. Tempat saya biasanya ngobrol-ngobrol cantik dengan teman kerja, atu bahkan tempat saya membuang penat dan lelah meski dengan sebuah eskrim delapan ribu. Yang namanya “Mall” selalu sama donk ya, semua tumplek disatu tempat ini. Mau nonton? Ada, dengan HTM yg cukup murah, Senin-Kamis Rp. 25.000, Jumat- Rp. 30.000, Sabtu-Minggu/Libur- Rp. 35.000. Murah kan, murah kan πŸ˜€ Makanya gak heran kalo saat jadwal saya kosong dan kebetulan ada film yang menarik maka menonton sendirian sudah lumayan sering saya lakoni. Nah, kalo lagi dan lagi teman-teman merasa lapar? Santai, ada lumayan banyak gerai yg bisa dipilih. Makanan cepat saji, es teler, atau menu lainnya. Gak lapar tapi cuma ingin nongkrong cantik? Ada beberapa gerai kopi yg membuka lapak di mall ini. Nonton udah, makan dan minum juga sudah, terus ngapain lagi donk? Yang namanya ke mall gak akan lengkap tanpa belanja. Di BSM selain department store yg iklannya sering muncul diTV itu, ada beberapa toko pakaian, dan satu hypermarket di ground floor. Udah puas belanja tapi masih belum ingin pulang? Teman-teman yg suka bernyanyi dan berjoged ria bisa menjadikan tempat ini sebagai pilihan. Ada 3 tempat karaoke disekitaran BSM salah satunya milik penyanyi dangdut terkenal.

4. Lapangan Merdeka dan Pujasera

image
Instagram lagi
image
Lapangan merdeka dan Taman Balita
image
Pujasera

Terletak di pusat kota Binjai dan berada persis di depan kantor Walikota, lapangan yang satu ini memang menjadi lokasi hiburan murah meriah di sore hari. Lapangan luas yg disalah satu sisinya difasilitasi dengan beberapa alat olahraga ringan (dan semoga masyarakat tetap menjaga keberadaannya) serta lapangan basket dan voli menjadi sarana olahraga yg ramai dikunjungi tak hanya sore hari tapi juga setiap Minggu pagi. Lapangan ini juga menjadi pusat pelaksanaan pelbagai macam acara, mulai dari upacara kemerdekaan, sholat Ied, bahkan konser-konser gratis artis ibukota. Dulu sebelum lapangan ini disterilkan, ada banyak hiburan untuk anak-anak yg tersedia seperti odong-odong, mandi bola, rumah-rumahan dari balon (saya gak tau nama permainannya), bahkan hingga penyewaan ATV. Sekarang rombongan mainan itu pindah ke lokasi baru disisi lain lapangan merdeka yg diberi nama PUJASERA. Nah di Pujasera ini teman-teman bisa menikmati makanan-makanan layaknya di gerai bakso yg dikumpulkan dalam satu kompleks. Butuh lokasi rekreasi terbuka lainnya? Tak jauh dari lapangan merdeka teman-teman juga bisa berjalan kaki kurang dari 5 menit menuju Taman Balita dan Taman Remaja.

5. Pasar Kaget

image
Say thanks to instagram πŸ˜‚

Pasar kaget ini beroperasi setiap malam hari sebab berlokasi disepanjang emperan toko yg sudah tutup. Dengan bermodalkan tenda yg dibongkar pasang setiap harinya, berjejer rapi lah para penjaja makanan. Nah katanya kalau teman-teman ingin mencoba makanan yg tak lazim (menurut saya) bisa datang kesini, seperti kodok goreng, sate ular, terus apa lagi ya saya lupa ahahah (review yg sangat tidak membantu sekali 😹). Tapi teman-teman juga gak perlu khawatir, disini juga banyak makanan wajar seperti mie rebus favorit saya ehehe πŸ˜€

Nah, bagaimana sudah dapat pencerahan kan kalo suatu hari ingin berkunjung ke Binjai? Oh iya bagaimana dengan Pelaruga yg beberapa waktu lalu terkenal dikalangan remaja? Sayangnya lokasi ini bukan berada di Binjai teman melainkan sudah masuk ke wilayah kabupaten Langkat, tapi akses menuju kesana memang melalui kota Binjai. Sama halnya dengan Sungai Bingai yg sekarang hits dengan arung jeramnya. Jadi sesuai dengan judul postingan saya, memang lokasi yg saya sebutkan gak jauh-jauh dari yg namanya makanan πŸ˜€ Selain tempat-tempat tadi juga banyak kafe yg hits dikalangan remaja Binjai. Finally, untuk teman-teman yg ingin berkunjung ke kota Binjai monggo hubungi saya mana tau kita berjodoh #eeh

Advertisements

29 Comments Add yours

  1. winnymarlina says:

    aku ingat binjai malah ingat mallny a:D

    1. siperibiru says:

      Iya mba Win, cuma itu satu2nya mall d binjai yaa kan πŸ˜‚

  2. nyonyasepatu says:

    Jadi pengen nyobain naik kereta api ke Binjai

    1. siperibiru says:

      Ayooo mba Non sini main k Binjai, naik kereta api cuma 5ribu lhoo

  3. uwicitra says:

    Aku kalo ke Binjai selalu nyempetin mampir ke Es Campur Kalimantan, minum es campur trus makan sate. Endes!

    1. siperibiru says:

      Aah kalo itu tetap juara dari dulu Mba 😊 tapi sekarang kyaknya yg jualan sate udah ganti mba

  4. suciwidari says:

    ajak laa aku keliling binje ka..

    1. siperibiru says:

      Mba Ucie melece yaaaa πŸ˜‚

    1. siperibiru says:

      Makasi mimin 😊

  5. penulismalas says:

    Keren Tika, dekorasi balon-balonnya itu, sederhana tapi kece yaa

    1. siperibiru says:

      Kadang hal yg sederhana aja udh bisa buat menarik kan Ty 😊

  6. Karina Eman says:

    Kayaknya pasar kaget bakal jd tujuan saya kalo main ke sana deh…hahaha *makanmakan πŸ˜†

    1. siperibiru says:

      Haiyuuuk berkunjung ke Binjai Mba Karina, gak cuma pasar kaget aja tapi banyak spot yg menyuguhkan kuliner lain 😁
      Terimakasih sudah main kesini yaa Mba 😊

      1. Karina Eman says:

        Wah iya semoga suatu saat nanti bisa ke sana..amin…
        Hehehe iya sama-sama 😁😊

  7. joeyz14 says:

    Hai hai..salam kenal. Binjai kota kelahiranku dan tinggal disini sampai kelas 4 SD. Binjai adalah kota kecil yang bersih menurutku dan kangen makan eskrim alpukat huhuhuhu….dah lama ga pulang ke Binjai. Btw rumah opung di jl. Soekarno hatta km 19.5 😊 *ga ada yg nanya ye*

    1. siperibiru says:

      Hi mba Joey salam kenal kembali, makasi sudah mampir yaa 😊

      Eskrim alpukat yg enak dimana mba? Sekarang juga semakin banyak perubahan menuju Binjai yg lebih baik mbak. Km 19.5 jalan lintas donk yaa mba, rumah nondong aku di satria mba πŸ˜‚

  8. fasyaulia says:

    Aku sempet bingung tadi, dimanakah letak Binjai (tepatnya) dan untungnya ditulisan ini dijelasin hehehe. Bagus itu mall nya cuma 1, jangan banyak2 nanti pusing 😦 hahaha

    1. siperibiru says:

      Iya Fasya sebab Binjai itu tak seterkenal Medan kan ya 😁 yuuk sini main ke Binjai aku ajak ke mall yg cuma satu2nya itu πŸ˜‚

  9. veera says:

    Nahlho. ini jauh-jauh ke Binjai malah ngunjungin mallnya juga wkkk
    Untung BSM terkenal ya (?) dan buat nonton disana murah haha
    jadi gapapa deh masuk list kunjungan kalo ke Binjai πŸ˜‰

    1. siperibiru says:

      Terkenal Vir karena cuma satu2nya πŸ˜‚ ayuuk sini main ke Binjai biar aku ajak jalan2. Btw, terimakasih sudah berkunjung yaa salam kenal dari Binjai 😊

      1. veera says:

        salam kenaaaal x)
        nanti kalo aku kesana mau minta temenin ke semua tempat itu yaa mbaak πŸ˜€

      2. siperibiru says:

        Siaap, dengan senang hati 😊

  10. Hamam Abidin says:

    Walau orang sumatra, justru belum pernah ke destinasi wisata.

    1. siperibiru says:

      Sumatra bagian mana Mas?
      Jalan2 skali-skali Mas utk penyegaran otak wheheh.
      Btw, blog kamu gak bsa dikomen ya mas -_-

  11. Hamam Abidin says:

    Hanya biasa lewar browser mbak, belum support untuk blog self-hosted.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s