Ujian!

Yuhuuu, akhirnya liburan juga setelah seminggu ini saya berkutat dengan ujian dan segala macam bentuknya itu. Bagi saya seminggu penuh ujian itu kayak hal yg mengerikan plus menegangkan. Manalah saya ini tipe orang yg slalu panik d awal sebelum hal tsb terjadi, sungguh sifat saya yg satu ini slalu buat saya kesal! Padahal kepanikan yg saya ciptakan d awal itu sama sekali gak ada yg kejadian. Duuh!

Senin, tanggal 15 Desember belum dimulai kok ujiannya, masi rapat antar pengajar di Binjai, biasalah kalau agenda rapat ya, duduk, datang, diam, makan. Sesi terakhir itu yg saya suka πŸ˜€
Oiya apalagi ditambah dengan foto bareng seluruh pengajar beserta Kacab Binjai, saya berasa resmi sudah jadi pengajar disini πŸ™‚

image

Gegara pajang foto ini sebagai DP di BBM langsung banyak teman yg komen, padahal saya sama sekali gak ada berniat buat kontroversi πŸ˜€
Mulai dari komen, ‘Ooh, ternyata ngajar di bimbel itu ya tik? Kok gak pernah sebut merk sih, kan itu bimbel terkenal’, sampai komen yg bernada seperti ini, ‘kok ngajar disitu? Kan sayang gak bakalan bisa dapat NUPTK’
Alesan kenapa selama ini saya gak pernah mau sebut merk di bimbel mana saya mengajar ya karena saya merasa belum pantes aja keterima sebagai salah satu pengajar disana, saya masih merasa ilmu saya ini belum ada apa-apanya, berasa malu kalau mesti disandingkan dengan nama besar si bimbel keren ini. Untuk komen teman saya yg kedua, ya saya cuma kekeh aja, meskipun saya bales dengan sedikit komen tajam, tapi ya memang saya dasarnya kurang terlalu perduli dengan apa yg orang sebutkan, toh ini hidup saya, saya yg jalani dan Allah yg udah menentukan lantas saya harus tak bersyukur karena tak dapat pengakuan resmi dari Pemerintah dengan NUPTK itu, duuh berasa kerdil saya kalau harus mengingkari nikmat Allah ini hanya dengan sebuah status.

Hari pertama ujian untuk saya dimulai tanggal 17 Desember, tapi saya udah panik lebih dari sebulan sebelumnya. Kalau dibilang ujian seperti apa sih, ya diklat lah untuk pengajar baru secara saya masih terhitung pengajar baru sekitar 3 bulan jadi sudah semestinya saya didiklat sesuai dengan standar yg mereka punya.

Rabu, 17 Desember.
Hari perdana diklat pun dimulai, saya sudah merasakan debarannya sejak pagi, mau melakukan hal apapun berasa salah, materi sudah saya kuasai sebisanya, soal-soal juga udah saya jawab semampunya. Siangnya saat waktu diklat semua kecemasan saya hilang, gak berbekas πŸ˜€
Materi yg dibawakan senioran berasa mengalir begitu saja, saya semakin merasa kalo saya memang masih harus banyak belajar. Sesi pertama ini yg buat saya gak nyaman ya karena lupa bawa kacamata secara udah hampir setahun gak pernah dipake lagi, apalagi saya seringnya mengajar bukan diajar kan jd lupa kalo mata saya udah rabun aja ngeliat tulisan di papan tulis. Lanjut sesi kedua, gantian giliran saya yg micro teaching, sedikit gugup wajarlah ya, tapi alhamdulillah semua berjalan lancar sampai bel pulang. Masukan disana sini, kritik ini itu, kesimpulannya ya redaksi penyampaian materi saya masih harus dibenahi, masih harus ada diselipkan semangat dan motivasi. Dan saya memang harus belajar lagi πŸ™‚

Rabu, 18 Desember.
Izin sehari gak mengikuti diklat, ada ujian yg lain menanti saya di gedung BKN jalan Tb. Simatupang atau yg lebih dikenal dengan sebutan jalan pinang baris itu. Udah gak sabaran mau ujian jadi semangat 45 sekitar pukul 13.30 udah nyampe aja, padahal ujian dimulai pukul 15.30. Biasalah endonesaah tercinta ini molornya gak siap-siap, gak sesuai donk dengan waktu dijadwal jadi diundur sejam kemudian. Saat ujian saya berasa nyantai aja. Hasilnya donk ternyata saya gak lulus di passing grade, cuma bawa pulang nilai TWK 65, TIU 110 dan TKP 161 dengan total 336. Kurang 1 lagi jawaban benar di TWK itu biar lulus passing gradenya. Saya sedih, kecewa, terpuruk? Alhamdulillah tidak, sedikit kecewa memang iya tapi gak pake lama saya udah kekeh-kekeh lagi, malah pamer sama teman2 kalau saya gk llus πŸ˜€
Hidup saya hampir 2 tahun belakangan ini sudah mengajarkan saya banyak hal, termasuk si rejeki itu, tak akan ada rjeki yg tertukar di bumi Allah ini makanya saya tak perlu risau kan, Allah tau yg terbaik untuk saya dan alhamdulillah sudah keliatan dihidup saya πŸ™‚

Jumat, 19 Desember
Diklat hari kedua dengan pemateri yg berbeda, yg buat saya masi tetap rempong dari pagi, karena selalu memikirkan hal terburuk apa yg bakal terjadi nanti, dikarenakan senioran yg ini memang sama sekali belum pernah melihat cara dan gaya saya mengajar. Dan masukannya masi hampir bernada sama, saya diberi penjabaran perluasan materi untuk mengajar di tingkat SMA. Dan cukup lah 1 hari itu saya tutup dengan hanya satu kalimat saja, SAYA JATUH CINTA! Iya, saya jatuh cinta dengan ilmu, entah energi darimana yg membuat saya semangat mendengarkan materi dari senioran sekaligus membuat saya berdecak kagum dengan gaya mengajarnya, bahkan kembali lagi ke permasalahan awal, saya masi harus banyak belajar, berasa haus ilmu.

Sabtu, 20 Desember
Diklat hari terakhir, senangnya ampun-ampunan, gak nyangka bakal ada kejadian yg buat saya zonk siangnya. Tetiba saya disuruh micro teaching donk, memang gak ada dituliskan dijadwal tapi ya saya harus siap karena saya memang sudah dituntut untuk itu. Jujur saya gelap dengan materi yg akan disajikan, dan senioran udah ngeliat jelas dari wajah saya kalo saya kebingungan, alhamdulillah dikasi masukan dan perluasan materi (lagi)!
Diklat ditutup dengan post test, mengerjakan 40 soal per bidang studi dan untuk saya soalnya teks semua, amsiong bener.

Duuh, cukuplah seminggu ini ujian bagi saya, membuat saya semakin banyak belajar dan melek ilmu pengetahuan. Sehingga membuat saya tak akan bosan bekerja disini, sebisa dan semampu saya πŸ™‚

Leave a Reply

